Untuk para orangtua atau wali murid yang berencana membantu anak mereka dalam proses pembelajaran dari rumah, kumpulan 30 latihan soal tentang Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk siswa Kelas 4 SD/MI Semester 2 dapat menjadi sumber pendampingan yang sangat berguna.
Tiap pertanyaan dilengkapi dengan kuncinya, yang membantu dalam menjalani proses pembelajaran serta mengecek hasil latihan.
Bukan cuma buat membantu dalam proses pembelajaran, para siswa dan siswi pun bisa memanfaatkannya sebagai sumber latihan sendiri di rumah supaya mereka lebih terpersiap dengan baik saat ujian tiba atau paling tidak mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang pelajaran IPA berdasarkan Kurikulum Merdeka.
Satu pertanyaan yang timbul ialah Proses perubahan es mencair menjadi air dikenal sebagai...

Berikut adalah 30 pertanyaan IPS untuk kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka serta kuncinya untuk menjawab soal:
1. Transformasi salju mencair menjadi air dikenal sebagai...
a. Peleburan
b. Pembekuan
c. Penguapan
d. Pemadatan
Jawaban: B
2. Proses pengubahaan air menjadi es dikenal sebagai...
a. Penguapan
b. Pemadatan
c. Peleburan
d. Pembekuan
Jawaban: D
3. Gas yang kita hirup untuk bernafas adalah...
a. Oksigen
b. Hidrogen
c. Karbon dioksida
d. Nitrogen
Jawaban: A
4. Zat yang bentuk dan volumenya dapat berubah-ubah disebut...
a. Zat padat
b. Zat cair
c. Zat gas
d. Zat campuran
Jawaban: B
5. Perubahan air menjadi es adalah contoh perubahan dari wujud...
a. Padat menjadi cair
b. Cair menjadi padat
c. Gas menjadi padat
d. Padat menjadi gas
Jawaban: A
6. Bukti bahwa Indonesia kaya akan sumber daya alam adalah terdapat ....
a. gedung sekolah
b. tempat pengeboran minyak
c. pasar swalayan
d. kendaraan bermotor
Jawaban: B
7. Persediaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah ....
a. melimpah ruah
b. banyak sekali
c. tersedia cukup
d. terbatas
Jawaban:D
8. Situasi area Indonesia kebanyakan terdiri dari lautan dan perairan, oleh karena itu Indonesia dikenal juga sebagai negeri yang berfokus pada ...
a. maritim
b. kepulauan
c. agraris
d. kesatuan
Jawaban: A
9. Kearifan lokal bisa dipakai untuk mengatasi masalah sosial yang disebabkan oleh hal tersebut.
Globalisasi. Kearifan lokal pada intinya bersifat....
a. modern
b. mistis
c. tradisional
d. kompleks
Jawaban: B
10. Berikut ini bukan merupakan fungsi dari hutan adalah...
a. menyimpan cadangan air
b. habitat hewan liar
c. tempat wisata
d. pembangkit tenaga listrik
Jawaban: D
11. Berikut ini yang tidak termasuk sebagai penggunaan area dataran tinggi adalah untuk ....
a. pertanian
b. pariwisata
c. tempat peristirahatan
d. pelabuhan
Jawaban:D
12. Sumber daya alam yang belum dioptimalkan disebut....
a. sumber daya alam
b. kemampuan sumber daya alam
c. kekayaan alam
d. kegunaan alam
Jawaban: B
13. Aspal adalah salah satu produk dari sumber daya alam pertambangan. Aspal digunakan oleh manusia untuk....
a. Bahan bakar untuk diesel engine
b. bahan dasar untuk peningkatan jalan
c. bahan bangunan
d. material yang digunakan untuk membuat hasil kerajinan
Jawaban:B
14. Salah satu konsekuensi dari meredupnya kearifan lokal akibat intrusinya pengaruh negatif selama masa globalisasi adalah….
a. komunitas semakin teratur dan taat dengan perundangan yang berjalan
b. metode keluarga dalam setiap masalah lebih sering ditemui
c. semangat kerja sama dalam masyarakat mulai meredup
d. gaya hidup hemat semakin banyak disukai dan diimplementasikan oleh masyarakat
Jawaban:C
15. Subak adalah contoh kebijaksanaan setempat dalam mengatur sistem irigasi persawahan yang dikelola oleh para petani di wilayah....
a. Bima
b. Bali
c. Boyolali
d. Bogor
Jawaban: B
16. Masyarakat Baduy mendiami daerah sekitar pegunungan dan bertahan hidup sebagai petani. Mereka menolak penggunaan cangkul untuk membajak lahan serta tidak memelihara hewan seperti sapi atau kambing.
Ini termasuk dalam kategori kearifan lokal yang berkaitan dengan....
a. makanan
b. perumahan
c. produksi
d. keyakinan
Jawaban: D
17. Banyak teknologi yang maju dewasa ini sebenarnya berpotensi besar mengganggu kesetaraan ekosistem dan lingkungan. Upaya menyelesaikan masalah itu dapat diwujudkan dengan meningkatkan....
a. kebutuhan masyarakat
b. kemajuan teknologi
c. budaya global
d. kearifan lokal
Jawaban:D
18. Struktur tradisional di wilayah Kalimantan dirancang dengan gaya panggung. Tujuan dari pembuatan seperti itu adalah untuk....
a. menghindari serangan hewan liar agresif
agar memiliki nilai seni yang tinggi.
c. memanfaatkan kekayaan alam
d. untuk menampung sejumlah besar orang
Jawaban:A
19. Kebijakan lokal tidak timbul begitu saja, melainkan sebagai hasil dari....
a. temuan dari studi yang dijalankan berkali-kali
b. pantulan dari perilaku warga lokal
c. nilai budaya yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat
d. nilai-nilai budaya yang sudah tidak lagi dipertahankan oleh masyarakat
Jawaban:C
20. Istilah dan arti yang tepat untuk upacara adat berikut ini adalah ....
a. Ngaben, yang merupakan upacara pembumian jenazah dalam kepercayaan Hindu di Yogyakarta.
b. Pemasangan tindikan di telinga, yakni mengenakan anting-anting pada daun telinga putri dalam masyarakat Jawa
Tengah.
c. Kasada, yaitu upacara mempersiapkan sesajen di Kawah Gunung Bromo.
d. Ngeyeuk seureuh, yaitu upacara pernikahan adat Jawa Timur.
Jawaban:C
21. Masa globalisasi memungkinkan aliran budaya dari seluruh penjuru dunia masuk ke Indonesia tanpa hambatan. Sebagai tanggung jawab bagi pemuda, salah satunya adalah menangani tantangan yang datang dari bidang budaya tersebut.
negara lain adalah ....
a. tak memedulikan kebudayaan luar
b. menjaga dan meningkatkan kearifan lokal daerah
c. mempelajari semua budaya asing karena lebih bagus
d. budaya kita lebih bagus jadi tidak perlu mempelajari budaya asing
Jawaban:B
22. Keragaman di Indonesia merupakan anugerah Tuhan yang luar biasa. Sebagai manusia yang beriman kita wajib menjaga dan melestarikan anugerah keragaman tersebut. Berikut ini yang termasuk cara dalam melestarikan keragaman tersebut adalah ....
a. menyelenggarakan festival budaya Nusantara
b. mengunjungi objek wisata terkenal dari berbagai daerah
c. tidak memfavoritkan budayanya sendiri sementara merendahkan budaya oranglain
d. melaksanakan pembangunan di wilayah perbatasan, pedalaman, dan tertinggal
Jawaban:A
23. Kerajaan berbasis Hindu terawal di Indonesia merupakan . .
A. Tarumanegara
B. Kutai
C. Majapahit
D. Samudra Pasai
Jawaban: B
24. Berikut adalah Kesultanan dengan ciri-ciri Islam yang diketuai oleh Raden Patah yakni...
A. Demak
B. Aceh
C. Ternate
D. Sriwijaya
Jawaban: A
25. Agama Hindu-Buddha datang ke Indonesia melalui pembawaannya oleh ...
A. pedagang dari India
B. pedagang dari Arab
C. prajurit dari India
D. prajurit dari Arab
Jawaban: A
26. Agama Islam datang ke Indonesia melalui...
a. Pedagang China
b. Pedagang arab
c. Pedagang India
d. Pedagang mesir
Jawaban : B
27. Monarki yang menguasai kerajaan Tarumanegara adalah….
a. Purnawarman
b. Ratu shima
c. Jaya baya
d. Ken arok
Jawaban: A
28. Kerajaan Hindu Mataram yang terletak di Jawa Tengah menyimpan warisan sejarah yaitu….
a. Prasasti Kebon Kopi
b. Prasasti Jambu
c. Candi Penataran
d. Kompleks Candi Prambanan
Jawaban: D
29. Samudera Pasai merupakan kesultanan yang berada di....
a. Jawa Tenggah
b. Jawa Timur
c. Aceh
d. Sulawesi Selatan
Jawaban : C
30. Sultan Hasanuddin merupakan salah satu monarki terkemuka dari kekuasaan...
a. Banten
b. Demak
c. Gowa
d. Sriwijaya
Jawaban: A
(Tribunnews.com/Galuh Widya Wardani)
Artikel ini diolah dari Tribunnews.com
Social Plugin